Selasa, 04 Oktober 2011

SMP NEGERI 1 PASAMAN, ADALAH PILIHAN TEMPAT MENUNTUT ILMU DAN PENGABDIAN KU KINI


SMP Negeri 1 Pasaman yang dulu bernama SMP Simpang Empat lahir tahun 1954 disebuah pusat kecamatan nan sunyi lengang, kecamatan Pasaman dengan ibukotanya Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat. Satu-satunya sekolah tingkat SLTP waktu itu. Siswanya datang dari empat arah mata angin karena Sekolah ini berada di persimpangan jalan. Simpang arah ke Padang, arah ke Sasak, arah ke Air Bangis dan arah ke Talu. Pada tahun 1980an saya sendiri pernah menuntut ilmu di sekolah ini. Siswa datang dari jarak +20 Km dari sekolah dengan mengendarai sepeda angin, menapak jalan berlumpur dan bebatuan dengan semangat yang bergelora ingin mendapatkan ilmu mencerdaskan diri. Kalau ku ingat masa yang berlalu yang pahit dan sulit itu sekarang menjadi kenangan yang manis dan Indah. Ohhh… aku jadi rindu masa itu ( maaf para pembaca, kog aku jadi ber napaktilas? ).
Kini SMP Negeri 1 Pasaman terdiri dari 27 rombel (rombongan belajar). Kelas VII sembilan rombel, kelas VIII sembilan rombel dan kelas IX sembilan rombel. Dari 27 rombel itu terdapat tiga rombel Sekolah unggul Olahraga, dengan jumlah siswa keseluruhan 1.000 ( seribu) orang. Siswa sebahagian besar memakai bahasa Indonesia dalam berkomunikasi dengan temannya karena disekolah ini terdapat tiga etnik yang hampir sebanding jumlahnya, yaitu Minangkabau, Mandahiling dan Jawa.
Kini SMP Negeri 1 Pasaman terdiri dari 75 personil penggeraknya, terdiri dari 67 orang guru ( 5 orang sukarela), 4 orang tenaga administrasi ( 2 orang sukarela ), 1 orang pustakawati ( sukarela), 2 orang Satuan Pengaman, 1 orang Penjaga Sekolah ( sukarela) dan 2 orang ibu/bapak Asrama. Tentu SMP Negeri 1 Pasaman juga mempunyai Komite Sekolah yang Ketuanya bernama Bapak Supardi Lubis.
Kini  SMP Negeri 1 Pasaman  dipimpin oleh seorang kepala sekolah yang ke10. Namanya Bapak Drs. HAWARIYUN dengan 4 orang wakil.
Kini SMP Negeri 1 Pasaman  terdiri dari 27 ruang kelas, 1 labor IPA, 1 ruangan Komputer, 1 ruangan pustaka,1 buah Mushalla, 1 ruangan Kopsis, 1 ruangan Osis, 1 ruangan UKS, 1 ruangan BP/BK, 10 petak Toilet, 6 ruangan asrama siswa Olahraga, 1 ruangan majelis guru, 1 kantor Kepala Sekolah, 1 ruangan Wakil Kepala Sekolah,1 ruangan Perlengkapan Olahraga, 1 kantor tata usaha, 1 buah rumah penjaga sekolah, beberapa petak kantin sekolah. Lapangan upacara bendera, lapangan Basket, lapangan Volley, lapangan Takraw, lapangan Lompat Jauh, lompat tinggi, sedangkan lapangan Bola Kaki ada disamping luar lokasi sekolah.
Kini SMP Negeri 1 Pasaman menjadi SMP favorit di kabupaten Pasaman Barat bagi tamatan SD karena katanya :
1.      Berada dipusat Pemerintahan Kabupaten
2.      Berada ditempat yang ramai
3.      Kalau ada kegiatan national ataupun tingkat kabupaten siswanya cepat dapat informasi, terutama sering adanya upacara, pameran, music, olahraga, bakti sosial, dll.
4.      Gurunya banyak yang senior ( yang pasti senior umur)
5.      Labih aman karena dikelilingi pagar dan ada Satpamnya.
6.      Transportasi menuju sekolah lebih lancar
7.      Lebih disiplin.
8.      Fasilitas lebih memadai ( dibanding sekolah yang sama di kabupaten ini maksudnya)
9.      Dll

 Kini SMP Negeri 1 Pasaman menyajikan tiga menu utama : Kelas Unggul Olahraga( semenjak lima tahun yang lalu, Kelas Unggul Sain & imtag (mulai tahun ini) dan kelas Reguler. Semua proses belajar  mengajar diselenggarakan pagi ditambah siang utuk kelas unggul Olahraga dan Unggul Sain & imtag. Disamping PBM wajib akademik juga di adakan bermacam pengembangan diri dan ekstra kurikuler, antara lain pengembangan diri/ekstra : Bola kaki, Volley ball, Basket ball, Pencak silat, Pramuka, PIKKRR, Mading, Drumband, Seni/Tari Tradisional, dll. Dibidang imtag diadakan kultum setiap pagi jum’at, baca kitab suci Al-Qur’an dan bacaan Al Maulhusna sebelum mulai belajar, shalat zhohor berjama’ah bergiliran per tiga rombel per hari, Didikan Subuh per rombel perminggu setiap pagi minggu.
Prestasi yang pernah diraih SMP Negeri 1 Pasaman, kalau piala/piagam tingkat kecamatan/kabupaten nampaknya sudah banyak dipajang di almari khusus diruang Kepala Sekolah maklum sekolah tertua di kecamatan. Untuk tingkat provinsi tentu ada namun saya akan memaparkan yang terkopi 3 tahun terakhir saja, yaitu dibidang Olahraga SMP Negeri 1 Pasaman di 2009 menjadi juara I atletik (Lari, l.Tinggi, L.Jauh. Juara III Bola Volley Putra. Di 2010 juara I atletik (Lari, L.Tinggi, L.Jauh). juara I Bolakaki (LPI). Di 2011 juara I Tolak Peluru dan juara II Bolakaki (LPI),dll. Ditingkat Nasional juara IV Tolak Peluru, juara IV Lompat Jauh. SMP Negeri 1 Pasaman juga sering ikut lomba ke tingkat Provinsi dibidang Sains dan Bahasa Inggris namun belum mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini Profil SMP Negeri 1 Pasaman :
PROFILE SMP NEGERI 1 PASAMAN
NO
IDENTITAS SEKOLAH
01
NAMA SEKOLAH
SMP NEGERI 1 PASAMAN
02
N.I.S

03
N.S.S
201080205002.P

PROPINSI
SUMATERA BARAT

OTONOMI


KECAMATAN
PASAMAN

DESA/KELURAHAN
LINGKUANG AUA

JALAN DAN NOMOR
JL.KIHAJAR DEWANTARA

KODE POS
26366

TELEPON
KODE WIL.0753  NOMOR:7464061

FASIMILE
KODE WIL. ……….NOMOR:

DAERAH
PERKOTAAN

STATUS SEKOLAH
NEGERI

KELOMPOK SEKOLAH
INTI

AKREDITASI
A

SURAT KEPUTUSAN/SK


PENERBIT SK


TAHUN BERDIRI
1954

TAHUNPERUBAHAN


KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
PAGI

BANGUN SEKOLAH
MILIK SENDIRI

LUAS BANGUNAN


LOKASI SEKOLAH


JARAK KEPUSAT KECAMATAN
2 KM

JARAK KEPOSAT OTODA
0,5 KM

TERLETAK PADA LINTAS
KABUPATEN

JUMLAH KEANGGOTAAN RAYON
……….. SEKOLAH

ORGANISASI PENYELENGGARA
PEMERINTAH

PERJALANAN/PERUBAHAN SEKOLAH

                                                                        KEPALA,

                                                                                         Drs. HAWARIYUN

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ass.........

Unknown mengatakan...

smp 1 pasaman piloting pendidikan berkarakter (y)