Selasa, 04 Oktober 2011

OASIS GROUP: RPP WRITING KELAS 7 SEMESTER 1

OASIS GROUP: RPP WRITING KELAS 7 SEMESTER 1: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP No. 01) Sekolah : SMP Negeri 1 Pasam...

COBA LINK

BISAKAH AKU BIKIN LINK?baltekkomdiksumbar@gmail.com

RPP WRITING KELAS 7 SEMESTER 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 01)
Sekolah                           : SMP Negeri 1 Pasaman
Mata Pelajaran              : Bahasa Inggris
Kelas/Semester             : VII / 1
Alokasi Waktu                 : 8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
Skill                                   : Menulis
Tema                               :  Jati diri, Kehidupan sekolah
Tahun Pelajaran                     : 2011/2012

STANDAR KOMPETENSI
6.    Mengungkapkan makna dalam tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan
           Dengan lingkungan terdekat

KOMPETENSI DASAR
6. 1  Mengungkapkan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana
        dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancer dan berterima untuk
        berinteraksi  dengan lingkungan terdekat

I.   INDIKATOR
Mengungkapkan makna gagasan :
1.   Membahas ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek
2.   Menentukan fungsi komunikatif (social function) teks fungsional.
3.   Mengidentifikasi langkah retorika (generic structure) teks fungsional.
      2. Membuat frasa, kalimat sesuai materi
      3. Menyusun kata / urutan kata menjadi kalimat yang padu
              4. Melengkapi teks fungsional pendek
 5. Menghasilkan teks fungsional dengan langkah retorika dan tata bahasa yang benar.

II.    TUJUAN PEMBELAJARAN
       Pada akhir pembelajaran siswa dapat
      2. Membuat frasa, kalimat sesuai materi
      3. Menyusun kata / urutan kata menjadi kalimat yang padu
              4. Melengkapi teks fungsional pendek
             5. Menulis teks fungsional pendek

III.   MATERI PEMBELAJARAN
1.       teks fungsional berupa memberi instruksi,  sbb :
-   Pour it to the cup
 -  Add some milk
A. Dino, come here, please!
B. yes, sir
A. clean the board,please!
B: Alright, sir
A : sit down, please!
B : Amran, stand up, please!
A : Ok, sir
B : tell your identity, please!
A : My name is Amran. I am from Batang Lingkin. I have five brothers and sisters
B : Thank you
A : You are welcome
a.       Kosa kata terkait tema / jenis teks
Misalnya ; STAND UP, SIT DOWN, CLEAN, LIFT, DLL
2.       teks fungsional berupa daftar belanja,  sbb :
Kata tanya : What, who, where, when, HOW MUCH,dll
Nouns  : book, pen, ruler, sugar, salt, tea, T-shirt, short, shoes, dll

3.       teks fungsional berupa ucapan selamat,  sbb :
Ungkapan baku  :              - Happy………..……
                                      - Congratulation……
                                      - God Bless you……..
                                      - have a happy life..…
                                      - Your friend……………..
                                      - to my ……………….
                                      -
4.       teks fungsional berupa pengumuman,  sbb :
Kosa kata terkait : Attention, announcement, to announce, all, come, on time, date, day week, late, gather, after, before, meeting, leader, place, wait, don’t forget, dll
5.       teks fungsional berupa pesan singkat,  sbb :
to ……, from……, come, wait, don’t forget, tell…., dll

IV.  METODA PEMBELAJARAN
       Three-phase technique (PPP)

V.KEGIATAN PEMBELAJARAN

       Session : 1
       a. Kegiatan Pendahuluan
           Apersepsi :
1.       Memperhatikan kesiapan siswa dan kelengkapan alat pembelajaran.
2.       Mengecek presensi dan kelengkapan siswa (Mengisi buku daftar hadir siswa).
3.       Tanya jawab melibatkan berbagai instruksi
          Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
       b. Kegiatan inti
          Eksplorasi
          Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.       Memberi instruksi pada siswa untuk melakukan sesuatu sebagai model “Memberi Instruksi.” Rahmat,
·         Come here!,
·         Sit down on my seat !
·         Stand up!
·         Rise your hand!
·         Say “Good bye!”
2.       Guru tanya jawab pengetahuan siswa tentang teks fungsional instruksi baik tentang isi, ciri, maupun langkah retorikanya
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru memfasilitasi :
3.       Siswa menyusun kata-kata yang disediakan jadi sebuah teks instruksi dg pasangannya masing-masing.
4.       Siswa menuliskan teks instruksi di depan kelas.
5.       Guru memberi reward bagi yang telah mampu dan melakukan perbaikan bagi siswa yang belum.
6.       Siswa menulis beberapa kalimat instruksi.
7.       Guru memonitor/membantu siswa yg belum dapat menulis.
8.       Guru mencek karya siswa dan membantu melakukan perbaikan bagi tulisan yg belum sempurna dan memberikan reward bagi siswa yg menulis dengan baik

       Session : 2
       a. Kegiatan Pendahuluan
          Apersepsi :
1.       Memperhatikan kesiapan siswa dan kelengkapan alat pembelajaran.
2.       Mengecek presensi dan kelengkapan siswa (Mengisi buku daftar hadir siswa).
3.       Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan tentang berbelanja
          Motivasi :
  • Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
       b. Kegiatan inti
          Eksplorasi
          Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.       Guru menanyakan harga suatu benda Yang dimiliki siswa :
·         Hi, Tiara, your book is nice. How much is it?
·         Where did you buy it?
·         When?
2.       Guru tanya jawab pengetahuan siswa tentang teks fungsional Daftar Belanja baik tentang isi, ciri, maupun langkah retorikanya
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru memfasilitasi :
3.       Siswa menyusun kata-kata yang disediakan jadi sebuah teks Daftar Belanja dg pasangannya masing-masing.
4.       Siswa menuliskan teks Daftar Belanja di depan kelas.
5.       Guru memberi reward bagi yang telah mampu dan melakukan perbaikan bagi siswa yang belum.
6.       Siswa menulis beberapa kalimat Daftar Belanja.
7.       Guru memonitor/membantu siswa yg belum dapat menulis.
8.       Guru mencek karya siswa dan membantu melakukan perbaikan bagi tulisan yg belum sempurna dan memberikan reward bagi siswa yg menulis dengan baik

       Session : 3
       a. Kegiatan Pendahuluan
            Apersepsi :
1.       Memperhatikan kesiapan siswa dan kelengkapan alat pembelajaran.
2.       Mengecek presensi dan kelengkapan siswa (Mengisi buku daftar hadir siswa).
3.       Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan ucapan selamat
          Motivasi :
  • Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
       b. Kegiatan inti
          Eksplorasi
          Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.       Menanya siswa kalau ada yg mendapatkan nilai yg sempurna dan Memberi ucapan selamat pada siswa tsb sebagai model
·         Rahmat, Congratulation. You got the highest mark,. Dst
2.       Guru tanya jawab pengetahuan siswa tentang teks fungsional ucapan selamat baik tentang isi, ciri, maupun langkah retorikanya
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru memfasilitasi :
3.       Siswa menyusun kata-kata yang disediakan jadi sebuah teks ucapan selamat dg pasangannya masing-masing.
4.       Siswa menuliskan teks ucapan selamat di depan kelas.
5.       Guru memberi reward bagi yang telah mampu dan melakukan perbaikan bagi siswa yang belum.
6.       Siswa menulis beberapa kalimat ucapan selamat.
7.       Guru memonitor/membantu siswa yg belum dapat menulis.
8.       Guru mencek karya siswa dan membantu melakukan perbaikan bagi tulisan yg belum sempurna dan memberikan reward bagi siswa yg menulis dengan baik

Session : 4
      a. Kegiatan Pendahuluan
          Apersepsi :
1.       Memperhatikan kesiapan siswa dan kelengkapan alat pembelajaran.
2.       Mengecek presensi dan kelengkapan siswa (Mengisi buku daftar hadir siswa).
3.       Tanya jawab melibatkan berbagai ungkapan tentang pengumuman.
          Motivasi :
·         Menjelaskan pentingnya materi yang akan dipelari berikut kompetensi yang harus dikuasi siswa
       b. Kegiatan inti
          Eksplorasi
          Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.       perdengarkan sebuah pengumuman dalam bahasa inggris ( Scafolding.1:55) pada mereka. Kemudian lakukan Tanya jawab :
·         What kind of text that I just read?
·         What does it about?
·         Who announce it?
·         When ?
2.       Menanya siswa kalau ada yg mendapatkan nilai yg sempurna dan Memberi pengumuman pada siswa tsb sebagai model

Attention
Hello, all students, in welcoming Fasting month, we don’t go to school. You may take a rest at home about three days start tomorrow.
3.       Guru tanya jawab pengetahuan siswa tentang teks fungsional pengumuman baik tentang isi, ciri, maupun langkah retorikanya
Elaborasi :
Dalam elaborasi, guru memfasilitasi :
4.       Siswa menyusun kata-kata yang disediakan jadi sebuah teks pengumuman dg pasangannya masing-masing.
5.       Siswa menuliskan teks pengumuman di depan kelas.
6.       Guru memberi reward bagi yang telah mampu dan melakukan perbaikan bagi siswa yang belum.
7.       Siswa menulis beberapa kalimat pengumuman.
8.       Guru memonitor/membantu siswa yg belum dapat menulis.
9.       Guru mencek karya siswa dan membantu melakukan perbaikan bagi tulisan yg belum sempurna dan memberikan reward bagi siswa yg menulis dengan baik
       c.  Kegiatan penutup
1.       Guru Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
2.       Guru Menyimpulkan materi pembelajaran bersama siswa

VII.   SUMBER BELAJAR.
1.       Let’s Talk, Pakar Raya Bandung, 2005
2.       Buku teks lain yang relevan (BSE).
3.       Kreasi guru

VIII. TUGAS TERSTRUKTUR
·         Siswa menyusun menjadi kata/kalimat yang baik dari teks yg telah dipelajari dengan teman di rumah.

IX. PENILAIAN
Rounded Rectangle: To Sahanaya
Congratulation, to be the winner of song festival. I hope you’ll be the best forever.
                             Yours à Fahri                                                            Model Teks


Dear Dara,
Let’s have a drink at the breaking time Meet me at the  canteen at 10.10 a.m
Jojon                                                       Langgot

 
 



                
                                                                                                      





ANNOUNCEMENT
TO all Basket Ball Member Club
We face SMP 2 Pasaman Basket Ball Club in Sparing Partner on Saturday at 11.00 am. Please be ready and come before 11.00 a.m
                                                Leader
 


SHOPPING LIST
  • A  pair of sock     Rp.  4.500.
  • A tie                    Rp.  3.000.
  • 12 notebooks       Rp. 18.000
  • 2 pencil                Rp.    4.000.
  • 1 Pen                  Rp.   2.000.
  • 1 dictionary         Rp. 15.000.
 

 

                                                                                                          




    
             
                                                                                                   


Folded Corner: Do you know how to wake up early in the morning
1. Don’t go to bed too late
2. Turn on arm clock.
3. Make your sleep well.
4. Get up soon when the alarm ring
5. And, Stand up soon.  






a. Rubrik Penilaian
No.
Uraian/Berbicara
Skor
1.-5
Ucapan tepat, pilihan kata tepat, isi tepat
Salah satu tidak tepat
Dua tidak tepat
Tidak bicara
3
2
1
0




      b. Kunci Jawaban.  : Terlampir
c  Pedoman Penilaian.
1.       tiap jawaban benar skor  3
2.       Jumlah skor maksimal    5 x 3 = 15
3.       Nilai maksimal 100
                                        Skor Perolehan  
4. Nilai Siswa =                             X 100
                                   Skor Maksimal
      d. Nilai akhir

Mengetahui;
Kepala SMPN  1 Pasaman



Drs. HAWARIYUN
NIP. 196308201988031007
Simpang Empat,   Juli 2011
Guru Mata Pelajaran,




ZAINUL AFNI,S.Pd
NIP.196503041991031004













Versi lain


Pertemuan 1
INSTRUCTION
PENDAHULUAN
KEGIATAN
WAKTU
Appersepsi :
1.        Memperhatikan kesiapan siswa dan kelengkapan alat pembelajaran.
2.        Mengecek presensi dan kelengkapan siswa (Mengisi buku daftar hadir siswa).
Motivasi :
3.        Memerintahkan salah seorang siswa untuk melakukan sesuatu, seperti:
- Hi,boy. Rub the whiteboard, please!
- Titin, make the table cloth!
- Chandra, open the window!
- student, open your book! Etc.
10 menit
KEGIATAN INTI
KEGIATAN
WAKTU
1.        Membahas kosakata dan tatabahasa yang digunakan dalam teks fungsional instruksi.
a.        Kosakata      : Adjective, seperti: come in,sit down,stand up, raise , open, close, rub, push,pull,listen,reapid, etc.
b.        Tense                : imperative Tense
c.         Preposition              : in,on, by, back,before,behind, inside, under.
2.        Memberikan sebuah contoh beberapa kalimat perintah.
3.        Menuliskan kalimat-kalimat yang berkaitan dengan perintah tersebut di atas.
4.        Mengelompokkan kalimat-kalimat tersebut menurut generic structure  teks fungsional instruksi
5.        Menyuruh siswa mencari kosa kata yang ada hubungannya dengan instruksi, seperti : kata kerja.
6.        Membuatkan model penulisan teks, seperti :
ALL STUDENTS MUST
1.        Come on time!
2.        Wear uniform!
3.        …………………..

7.        Menulis sebuah teks fungsional instruksi menurut tata bahasa dan generic structure yang benar.
      (Langkah 1 s.d. 5 disajikan dalam waktu singkat)
8.        Menyuruh siswa bekerja dalam kelompok untuk menuliskan sebuah teks dengan menggunakan tata bahasa dan generic structure yang benar.
9.        Mengontrol siswa bekerja , berikan sedikit bantuan jika diperlukan
10.     Memeriksa hasil pekerjaan kelompok.
11.     Menyuruh siswa menentukan cirri kalimat instruksi
12.     Menyuruh siswa menuliskan kalimat-kalimat yang berkaitan dengan instruksi yang mereka tentukan sendiri.
13.     Mengontrol dan mengarahkan  siswa dalam penulisan instruksi tsb.
14.     Mengumpulkan hasil kerja siswa yang dijadikan sebagai alat ukur ketercapaian tujuan.
60 menit
PENUTUP
KEGIATAN
WAKTU
1.        Tanya jawab tentang kesulitan siswa selam PBM.
2.        Menyimpulkan materi pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 2
ANNOUNCEMENT
PENDAHULUAN
KEGIATAN
WAKTU
Appersepsi :
1.        Memperhatikan kesiapan siswa dan kelengkapan alat pembelajaran.
2.        Mengecek presensi dan kelengkapan siswa (Mengisi buku daftar hadir siswa).
Motivasi :
3.        Tanya jawab tentang identitas  siswa, seperti:
- Hi,boy. What is your name?
- how old ar you?
- where do you live ?
- how tall are you? Etc.
10 menit
KEGIATAN INTI
KEGIATAN
WAKTU
1.        Membahas kosakata dan tatabahasa yang digunakan dalam teks fungsional pengumuman.
a.                   Kosakata      : Adjective, seperti: large,long,short, tall,brown, black,blonde, etc.
b.                   Tense                         : Simple Present Tense
c.                    Preposition      : in,on, by, back,before,behind, inside, under.
2.        Memberikan sebuah contoh pengumuman anak hilang.
3.        Menuliskan kalimat-kalimat yang berkaitan dengan anak hilang tersebut di atas.
4.        Mengelompokkan kalimat-kalimat tersebut menurut generic structure  teks fungsional pengumuman.
5.        Menyuruh siswa mencari kosa kata yang ada hubungannya dengan pengumuman anak hilang, seperti : bentuk tubuh,kulit,wajah,rambut,cirri khusus,umur,pakaian(warna,jenis), dll
6.        Memperlihatkan contoh pengumuman orang hilang.
7.        Membuatkan model penulisan teks, seperti : Name:……..age : …………. Shape: ……. Dress : ………… special appearance : ……………….
8.        Menulis sebuah teks fungsional pengumuman menurut tata bahasa dan generic structure yang benar.
      (Langkah 1 s.d. 5 disajikan dalam waktu singkat)
9.        Menyuruh siswa bekerja dalam kelompok untuk menuliskan sebuah teks dengan menggunakan tata bahasa dan generic structure yang benar.
10.     Mengontrol siswa bekerja , berikan sedikit bantuan jika diperlukan
11.     Memeriksa hasil pekerjaan kelompok.
12.     Menyuruh siswa menentukan cirri seseorang yang akan dijadikan PENGUMUMAN orang hilang.
13.     Menyuruh siswa menuliskan kalimat-kalimat yang berkaitan dengan cirri orang hilang yang mereka tentukan sendiri.
14.     Mengontrol dan mengarahkan  siswa dalam penulisan pengumuman tsb.
15.     Mengumpulkan hasil kerja siswa yang dijadikan sebagai alat ukur ketercapaian tujuan.
60 menit
PENUTUP
KEGIATAN
WAKTU
3.        Tanya jawab tentang kesulitan siswa selam PBM.
4.        Menyimpulkan materi pembelajaran.
10 menit

Pertemuan 3

ADVERTISEMENT
PENDAHULUAN
KEGIATAN
WAKTU
Appersepsi :
1.        Memperhatikan kesiapan siswa dan kelengkapan alat pembelajaran.
2.        Mengecek presensi dan kelengkapan siswa (Mengisi buku daftar hadir siswa).
Motivasi :
3.        Tanya jawab tentang advertisement, jika disebut kata iklan apa yang terpikir oleh siswa ? seperti:
- what things ?
- what product ?
- how much ?
-  where  to find?
- how to get ? Etc.
10 menit